Sunday, September 17, 2017

Komitmen

Reminder and affirmations to myself: Pukul 00:00 14 September 2017.

Saat ini beban yang menghimpit punggung ku sehingga selalu terasa berat telah menghilang. Sembilu-sembilu yang selama ini membuat ulu hatiku terasa terus disayat-sayat telah lebur.

Tuhan kadang menunjukkan apa yang terbaik bagi kita lewat berbagai cara yang Dia inginkan. Semua yang sudah terjadi dan telah kita alami adalah "Jalan Tuhan" bagi kita. Selama itu masih ada dalam hati dan Fikiran kita, itu masih merupakan rencana Dan keinginan kita sendiri, bukan rancangan Tuhan. 





Saat apa yang ada dalam Fikiran kita telah menjadi kenyataan, maka itulah "Jalan Tuhan" bagi kita. Itu sebabnya kita harus selalu menjaga hati, Fikiran dan keinginan kita. Saat kita tidak mampu menjaga hati, Fikiran dan keinginan kita, maka jalan Tuhan kadang tidak sesuai dengan yang kita inginkan.

 "Setiap jalan orang lurus menurut pandangannya sendiri, tetapi Tuhan yang menguji hati". 

Dengan demikian setiap orang yang masing-masing memandang jalannya sendiri, tidak akan bisa berjalan bersama. Orang-orang yang bisa berjalan bersama adalah orang-orang yang mampu merendahkan hatinya, melepaskan ego dan kesombongan yang ada pada diri masing-masing. Dengan kerendahan hati maka kita bisa melihat jalan orang lain dan juga jalan kita sendiri. Pada saat kita mampu merendahkan hati dan melihat jalan orang lain, maka akan ada kesempatan bagi kita untuk berjalan bersama. 

Dalam kehidupan kita, kita sudah diajari norma-norma dan nilai-nilai yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan. Nilai-nilai itu menjadi pembatas bagi kita dalam menjalani hidup, baik dalam pergaulan sosial, rumah tangga dan keluarga dan juga dalam pekerjaan. Tergantung kita, mau memegang teguh prinsip-prinsip tersebut atau hanya mengikuti prinsip-prinsip yang ditanamkan orang lain kepada kita. Terserah pribadi kita masing-masing.

Itu makanya, ada orang yang punya PRINSIP dan ada yang tidak punya prinsip dalam hidupnya. Harga diri seseorang kadang ditentukan seberapa bagus PRINSIP yang diyakininya, dan seberapa kuat dia mempertahankan prinsipnya itu. Untuk itu dibutuhkan KOMITMEN. Orang yang tidak punya Prinsip, pasti tidak punya komitmen juga dalam hidupnya. 

Berhati-hati lah kepada orang yang selalu tidak tepat waktu dan tidak tepat janji, sering berbohong dan tidak pernah mau minta maaf atas suatu kesalahan yang jelas-jelas telah dilakukannya. Orang-orang seperti itu, tidak bisa berpegang teguh pada sebuah KOMITMEN.

No comments:

Post a Comment