Saturday, September 30, 2017

"Keledai"

Saya tidak pernah bertemu langsung dengan makhluk ini, hanya melihat di koran atau majalah dan juga televisi. Membaca cerita-cerita dari buku atau majalah mengenai sifat hewan ini. Makhluk ini bisa selalu tertanam dalam fikiranku karena pepatah
"KELEDAI SAJA PUN TIDAK MAU JATUH KE LUBANG YANG SAMA" :)

Dari gambaran yang disampaikan pada majalah atau televisi itu, terlihat bahwa keledai selalu dieksploitasi untuk membawa beban yang banyak dan berat. Digambarkan juga, keledai itu bodoh, bebal, keras kepala. Agar keledai mau menurut kepada tuannya atau majikan nya, harus selalu dipukul dengan kuat. Itulah memang gambaran yang bisa kudapatkan dari informasi-informasi selama ini mengenai keledai. 

Bisa jadi, ada juga sifat-sifat keledai yang baik dan bagus, tapi tidak banyak diceritakan atau ditulis. Salah satunya pepatah itu tadi. Keledai yang selalu digambarkan sebagai makhluk yang bodoh, bebal dan selalu dieksploitasi itu bisa juga "BELAJAR DARI KESALAHANNYA". 

Keledai tidak mau jatuh ke lubang yang sama. Berarti si keledai itu pun ingat dan faham, bahwa pada saat dia jatuh ke lubang itu, maka akan menyusahkan dirinya sendiri dan membuat dirinya sendiri malu dan menderita. Karena itu, si keledai menjadi sangat ingat pada lubang itu, karena apabila dia salah langkah lagi, maka akan kembali membuatnya dirinya susah, malu dan menderita kembali. 

Kalau di dunia manusia, istilah itu disebut "BELAJAR DARI KESALAHAN". Pada saat seseorang melakukan suatu kesalahan, sehingga menyusahkan dirinya sendiri, membuat malu dan menderita dirinya sendiri, maka orang yang mau belajar pasti bisa juga belajar dari keledai itu. TIDAK MENGULANGI LAGI KESALAHAN YANG SAMA. 

Tapi kalau ada manusia yang tidak bisa belajar dan selalu mengulangi lagi kesalahan yang sama, bisa jadi memang lebih bodoh dan lebih bebal dari keledai itu :). Jangan-jangan sebenarnya saya sering bertemu makhluk bernama kedelai ini, tapi dalam wujud bubur dan susu :D :D

No comments:

Post a Comment