Friday, September 22, 2017

Dive Planning

"Dive Planning" Perencanaan Penyelaman. Pada saat kursus selam, akan diajarkan materi "perencanaan penyelaman". Perencanaan ini disesuaikan dengan level kursus yang sedang kita ambil. Karena sebenarnya, banyak yang harus disiapkan saat kita akan melakukan sebuah penyelaman. Dalam hal ini saya akan ceritakan pengalaman saya dulu saat kursus "Open Water Diver".

Saat kursus Open Water Diver, dikenalkan No Decompression Recreational Diver Planner (RDP).
RDP ini berisi tabel dengan angka-angka yang sebagian warnanya dibuat berbeda. Warna merah mengindikasikan batas maksimum dimana kita boleh melakukan penyelaman pada kedalaman dan waktu yang tertera pada tabel yang diwarnai merah itu. Jika melewati batas kedalaman DAN waktu yang tertera pada bagian berwarna merah di RDP, maka kita telah melakukan decompression Dive. Dalam Open Water Dive disarankan tidak melakukan decompression dive, karena kemungkinan kita terkena decompression sickness akan besar kalau perencanaan dan penanganan kita tidak tepat. Mengenai decompression Dive ada level dan kursus tersendiri. 

Perencanaan penyelaman menggunakan unit kedalaman meter dan waktu menit. Jadi pada saat perencanaan penyelaman, kita merencanakan hingga hitungan menit pada kedalaman tertentu. Apabila rencana yang kita buat itu tidak bisa kita Tanggungjawabi dan lakukan sesuai yang direncanakan, maka dalam hitungan tiap 60-an detik, akan ada kemungkinan kita terkena decompression sickness . Itu sebabnya para penyelam punya motto "PLAN YOUR DIVE, DIVE YOUR PLAN". 

Masa cuma penyelam aja yang boleh punya motto? Kita kan boleh juga punya motto. Ini diri kita sendiri kok, ini hidup kita sendiri :). Buat aja jadi "PLAN YOUR LIFE, LIVE YOUR PLAN". Beres, kita juga sudah punya motto sendiri :). Tapi, ada tapinya, apakah motto itu sudah kita mengerti dan Fahami? 

Saat ini, banyak perusahaan yang bergerak dalam bidang perencanaan. Baik dalam perencanaan pembangunan, perencanaan kebijakan, perencanaan keuangan dan bahkan perencanaan diet dan makanan. Yang dua terakhir itu, sudah bisa dikatakan termasuk bagian dari perencanaan hidup atau perencanaan kehidupan. Mengapa bisa banyak perusahaan perencanaan tersebut? Karena ternyata banyak orang yang belum bisa membuat rencana dengan baik, makanya mereka menyediakan jasa konsultan untuk membantu kita membuat rencana untuk diri kita sendiri :)

Sampai-sampai ada jasa untuk merencanakan apa yang akan kita makan hari ini, besok atau sampai sebulan loh :D. Ya, jasa itu kita bayar dengan membeli produk yang ditawarkan konsultannya. Agar bisa membuat rencana yang baik, kita tentunya harus belajar perencanaan :)

Saya tidak ingat, apa pernah belajar "perencanaan kehidupan" waktu sekolah formal dulu. Seingat ku belum ada mata pelajaran atau mata kuliah itu. Saya mendapatkan materi "Perencanaan Penyelaman" pada saat kursus "Open Water Diver". Dimana rencana itu harus dibuat sampai hitungan menit pada kedalaman tertentu. Dengan membuat rencana hingga hitungan menit, kemudian melaksanakan rencana tersebut dengan baik dan sesuai dengan yang direncanakan, maka bisa mencegah kemungkinan terkena decompression sickness dan bahkan menyelamatkan nyawa kita. 

Lalu, mengapa kita tidak coba dulu belajar dan berlatih membuat perencanaan itu? Ikuti kursus "Open Water Diver", belajar dan berlatih untuk membuat "Dive Planning". Setelah kita menguasainya, telah melakukan "PLAN YOUR DIVE, DIVE YOUR PLAN" sampai hitungan menit. Kemudian kita mencoba membuat rencana dalam hidup kita. 

Belajar dan berlatih agar bisa melakukan "PLAN YOUR LIFE, LIVE YOUR PLAN" tersebut :). Dimulai dari yang kecil-kecil dulu, misalnya rencana apa yang akan kita makan hari ini dan besok, masak hanya untuk apa yang akan kita makan hari ini dan besok aja harus ada Konsultan yang mengajari kita :)

Sudah banyak Dive Center di Berbagai daerah di Indonesia yang menyediakan kursus "Open Water Diver". Carilah yang memang bersedia serius mengajari Anda menjadi seorang penyelam, yang juga membantu untuk pengembangan karakter dan menambah pengetahuan Anda. Sepertinya serius sebenarnya, materi-materi yang saya pelajari saat kursus Open Water Diver dulu :).

No comments:

Post a Comment