Wednesday, February 21, 2018

2. Mudah teralihkan


Fitur telepon seluler dan  telepon pintar membuat fikiran penggunanya gampang teralihkan. Bunyii peringatan atau getaran yang dihasilkan sebuah telepon seluler saat ada pesan atau tanggapan terhadap sebuah status yang dituliskan, akan memancing penggunanya untuk mengambil telepon selulernya. Bunyi peringatan atau getaran tersebut membuat seseorang penasaran untuk segera memeriksa pesan, tanggapan atau apa yang masuk kedalam telepon pintarnya.






Baca Juga    Dampak Telepon Seluler: 1. Lupa Diri
 

Saat seseorang sedang melakukan suatu pekerjaan atau kegiatan, umumnya akan berusaha fokus pada apa yang sedang dilakukannya. Tiba-tiba telepon selulernya berbunyi atau bergetar. Jika dia mengambil telepon selulernya dan memeriksa apa pesan yang masuk, akan membuatnya bereaksi. Reaksi seseorang tergantung kepada pesan yang masuk ke telepon seluler tersebut.

Jika sebuah pesan yang masuk merupakan hal yang ditunggu-tunggu atau suatu topik yang sangat menarik,  seorang pengguna telepon pintar biasanya  akan segera memeriksa dan menelusuri pesan atau topik tersebut. Hanyut dengan pesan atau topik yang ada di telepon pintarnya. Melupakan pekerjaan atau kegiatan yang sedang dilakukannya. Bahkan ada yang sampai benar-benar hanyut dengan topik di telepon selulernya sampai betul-betul lupa dengan apa yang sedang dilakukannya. Tidak sadar dengan kondisi disekitarnya dan apa yang menjadi tugas atau tanggungjawabnya.


 
Jika pesan yang masuk hanya pesan iklan, salah sambung, topik yang tidak menarik atau bukan berita yang ditunggu-tunggu, seorang pengguna telepon pintar biasanya akan merasa kesal atau jengkel. Saat merasa kesal atau jengkel, fikiran pengguna telepon seluler tersebut  akan teralihkan. Beberapa saat akan  melampiaskan kekesalan atau kejengkelannya. Mungkin dengan berbicara kepada rekan kerjanya atau memikirkan mengapa bisa salah sambung atau topik yang masuk tidak menarik atau bukan berita yang ditunggu-tunggunya. Pada kondisi  tersebut, fikiran pengguna telepon pintar akan teralihkan dari pekerjaan atau kegiatan yang sedang dilakukannya.

Rasa ingin tau, rasa penasaran dan juga perasaan seorang pengguna telepon pintar akan membuat timbul keinginan untuk mengambil telepon pintarnya dan memeriksanya saat ada bunyi peringatan atau getaran pada telepon pintarnya.  Saat seseorang melakukan hal tersebut, fikirannya akan teralihkan. Bisa karena fitur telepon selulernya, seperti cara mengaktifkan, membuka atau mengingat password untuk mengaktifkan telepon pintar tersebut. Bisa karena topik atau pesan yang masuk ke telepon pintarnya. Telepon seluler membuat fikiran seseorang terahlikan dari pekerjaan atau kegiatannya saat sedang berinteraksi dengan telepon seluler tersebut.




No comments:

Post a Comment