Wednesday, October 11, 2017

Kasih

"Kasih terbesar adalah Kasih seseorang yang rela memberikan nyawanya bagi saudara-saudaranya". 

Banyak kisah dalam dongeng maupun kehidupan nyata mengenai Kasih seperti itu. Saya pernah membaca kisah mengenai salah satu Gunung yang sedang bergejolak,
anak sulung dalam keluarga disana dengan rela melompat masuk kedalam kawah Gunung untuk meredakan amarah bumi yang sedang bergejolak.  Setelah amarah Gunung reda, keluarga dan keturunan mereka dapat hidup dengan nyaman dari bumi disekitar Gunung itu. 

Banyak lagi kisah seperti itu yang mungkin saya belum pernah dengar atau baca. Dari sekian banyak kisah heroik seperti itu, salah satu yang cukup mengesankan bagi saya adalah kisah mengenai seorang Pahlawan Revolusi Indonesia, Pierre Tendean. 

Film atau buku maupun cerita mengenai sosok Pahlawan ini tidak terlalu banyak saya tahu. Di salah satu Film berdarah yang heboh setiap bulan September di Indonesia menceritakan bagaimana seseorang dengan rela dan kesadaran sendiri menyerahkan nyawanya untuk orang lain. 

Diluar kisah bagaimana kedekatan hubungan antara Pierre Tendean dengan atasannya dan keluarga atasannya sampai mau melakukan seperti itu, bagi saya, sikap, tindakan dan pilihan yang dilakukan seorang manusia yang rela menyerahkan nyawanya untuk menyelamatkan nyawa orang lain itu sangat mengesankan dan mengagumkan. 

Banyak sebenarnya orang-orang yang melakukan dan membuat pilihan seperti itu juga saat ini. Mereka yang sadar dan tahu bahwa pilihan yang mereka ambil dalam hidup mereka memiliki resiko yang dapat membahayakan nyawa mereka sendiri. Pilihan kita dalam hidup kita, untuk siapa kita dengan rela dan sadar mau mengorbankan dan memberikan nyawa dan hidup kita adalah pilihan dan tanggungjawab kita masing-masing. 

Pilihan yang dilakukan dengan dasar Kasih, kesadaran dan kerelaan sendiri tanpa mengharapkan balasan dan pujian dari siapapun...

No comments:

Post a Comment