Sunday, August 25, 2019

Menikmati 'ciuman' si manis


11052019 

Ini mungkin ungkapan terima kasih dari si lebah madu karena telah membuatkan kotak untuk sarang koloni-nya. Lebah adalah hewan yang selalu membentuk koloni yang semua koloninya akan bekerja sama membangun dan mempertahankan keberlanjutan regenerasi koloni tersebut.




Itu sebabnya, semua struktur dalam koloni lebah akan bekerjasama untuk melindungi ratunya yang hanya bertugas untuk kawin dan bertelur yang nantinya telur-telur tersebut akan menetas menjadi larva-larva lebah yang baru. Bahkan pejantan dalam koloni lebah mempertaruhkan nyawa mereka untuk membuahi sang ratu dimana setelah selesai melakukan tugas tersebut, para lebah pejantan akan mati.

Pada saat ada mahluk lain yang mendekati sarang lebah, maka serentak para lebah penjaga akan siaga di pintu masuk atan keluar sarang koloni lebah tersebut untuk mempertahankan sarang dan koloni mereka. Para lebah penjaga akan melakukan gerakan-gerakan yang serentak untuk memperingatkan setiap mahkluk yang mendekati sarang mereka. Dan apabila, tindakan mahkluk tersebut dianggap telah melewati batas yang bisa menggangu dan merusak sarang suatu koloni lebah, maka serentak para lebah penjaga tersebut akan menyerang mahkluk yang mendkati sarang mereka.





Pada saat memeriksa sarang lebah dan membersihkan semut-semut disekitar sarang lebah yang bisa mengganggu kotak sarang lebah yang kupelihara, para lebah tersebut merasa terganggu dan tetap melakukan penjagaan sarang koloninya dan menyerangku. Walaupun sudah menggunakan sarung tangan, tapi tetap ada juga ciumannya yang berhasil tembus ke kulit. Bengkak dan masih terasa gatal hingga sekarang. 

Resiko dan konsekwensi yang harus dihadapi juga diterima 'beekeeper'. Ciuman-ciuman dari sang lebah... 

No comments:

Post a Comment